Cara Menghapus Dan Mendeteksi Malware Di Laptop, Windows 7,8 Dan 10 - Gagenan.com

Cara Menghapus Dan Mendeteksi Malware Di Laptop, Windows 7,8 Dan 10

Cara Menghapus Dan Mendeteksi Malware Di Laptop, Windows 7,8 Dan 10
mendeteksi malwere di laptop

Malwere bisa menyerang laptop kapan saja, maka dari itu anda perlu melakukan scan malwere satu minggu atau satu bulan sekali untuk mencegah masuknya malwere yang dapat mengakibatkan lemot pada laptop anda.

bagi anda yang belu tahu apa itu malwere berikut penjelasannya 

Pengertian Malwere :


" Malware adalah sejenis program komputer yang dimaksudkan untuk mencari kelemahan Software sehingga pada perangkat akan terkena virus.
Malware sendiri sudah sejak lama beredar di tengah-tengah kita. Orang yang menciptakan Malware itu biasanya seorang yang genius dengan menyisipkan virus pada beberapa aplikasi yang dibuatnya."
(Sumber : www.makinrajin.com )

malwere bisa menyerang di sistem operasi windows 10, windows 8. windows 7 dan windows xp selain itu buat pengguna macOS juga harus berhati-hati pasalnya belakangan ini ada malwere baru yang bisa masuk ke sistem operasi tersebut.

Cara Kerja Malwere

cara kerja malwere di sistem operasi adalah membebani prosessor dan ram biasanya jika perangkat yang sudah terserang akan melambat dan lambat lambat laun akan rusak, tak hanya itu malwere biasanya menyerang file dengan cara mengubah letak file ke folder lain atau juga mengclone file sistem operasi yang sedang berjalan sehingga mengalami kendala saat komputer hidupkan.

Macam-Macam Malwere

ada banyak malwere yang perlu kalian ketahui dan bisa membahayakan komputer diantaranya Virus, Worm, Wabbit, Keylogger, Trojan Horse, Spyware, Dialer, Blackdoor, Exploit, Rootkit, dan Ransomewere.

Cara Mendeteksi Malware Di Laptop, Atau Komputer

untuk mendeteksi ancaman malwere di laptop anda bisa menggunakan langkah - langkah berikut ini

1. Browser Lemot

browser lemot adalah salah satu adanya ancaman malwere di laptop anda, biasanya laptop hang saat membuka browser tanpa membuka web satupun, ada beberapa malwere yang memasuki folder browser mengganti file di sana yang tujuannya membebani browser biasanya terjadi pada broser mozila, chrome dan masih banyak lagi namun anda bisa menguninstall dan install ulang browser supaya masalah bisa teratasi.

2. Cek Taskmanager

untuk mendeteksi malwere bisa menggunakan sebuah program dari windows yaitu taskmanager, menggunakan task manager bisa melihat program file yang memakan ram banyak dan sedikit ataupun file yang sedang di proses processor anda.

Cara Menghapus Malware Di Laptop Supaya Hilang Permanen

Untuk menghapus malwere bisa menggunakan software anti malwere seperti 

1. Memakai Microsoft Security Essential

melakukan scan menggunakan microsoft security essential, scan membutuhkan waktu 10 hingga 20 menit setelah malwere terdeteksi bisa langsung di hapus.
 Caranya :


Keterangan :

1. - Pilih Quick Scan Untuk Mengscan Partisi C saja, pilih Full untuk scan semua partisi mulai dari Local Disk C, D, Dan E, Atau anda bisa memilih custom untuk men scan folder pilihan anda.

2. klik scan now untuk memilai scan, Setelah selesai buka History untuk melihat file malwere.


Keterangan :

3. Pilih All Detected Items,untuk melihat semua file malwere.

4. Disana letak malwere yang sudah terdeteksi, karena saya tidak ada malwerenya di gambar tersebut kosong.

5. Jika Ada Malwere bisa menghapus dengan menekan Remove All.

2. Memakai Malwerebytes

memakai malwerebytes bisa jadi solusi menghapus malewere di laptop karena saya sering menggunakan ini pada komputer saya, caranya mirip seperti diatas.
Gimana Reaksi Kamu ?

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel