4 Cara Membedakan Berita Hoax Dan Fakta, Ala Netizen Cerdas - Gagenan.com

4 Cara Membedakan Berita Hoax Dan Fakta, Ala Netizen Cerdas

4 Cara Membedakan Berita Hoax Dan Fakta, Ala Netizen Cerdas
gambar berita hoax

GAGENAN.COM
- Membedakan berita hoax dan fakta bisa jadi hal yang sangat sulit bagi mereka yang masih awam dalam menggunakan internet, berita hoax biasanya dibuat untuk kepentingan pribadi atau politik seperti pemilu saat ini, dan ditujukan untuk mereka yang masih awam dan baru mengenal sosial media.
berita dapat dikatakan hoax jika ada yang dirugikan sperti seseorang ataupun korporasi, hoax ini biasanya berisi ujaran kebencian meliputi penghinaan, pencemaran nama baik, penistaan, perbuatan tidak menenangkan, memprovokasi, menghasut, dan penyebaran berita bohong.

berita hoax ini dilakukan dalam bentuk kampanye, ceramah, berpendapat di muka umum, di media sosial, maupun website yng tiadak terbukti kepemilikannya ( amatir).

disarankan sebelum membagikan berita terlebih dahulu membedakan yang mana berita fakta dan berita hoax, supaya tidak menambah dosa hehe,selain itu penebar hoax akan dikenakan KUHP, Undang-Undang No.11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Bagaimana Cara Mengidentifikasi Hoax

untuk mengetahui kebenaran berita diperlukan kejelian yang mana berita hoax dan berita asli, dengan melakukan 4 langkah cek berita hoax yang saya bagikan ini..

Langkah 1 - Cari berita dengan judul serupa di situs pencarian " google " jika kamu menemukan berita yang sama di situs berita terpercaya bisa dibilang berita tersebut fakta, jika tidak bisa jadi hoax, selain itu bisa cari berita di televisi.

Langkah 2 - Cari tahu siapa penulis berita hoax, jika kamu menemukan berita di sebuah website cari tahu siapa pembuatnya, kamu bisa cari menggunakan situs whois.com/whois taruh link disana maka indentitas pembuat berita akan terlihat.

Langkah 3 - Ketahui nama website yang digunakan, biasanya website yang menggunakan blogspot.com belum diketahui kebenarannya, jangan asal percaya jika bukan situs portal berita terpercaya. 

Langkah 4 - Jika kamu menemukan berita hoax sebaiknya laporkan sebagai spam jika dilakukan di media sosial, hal ini bertujuan supaya berita tidak menyebar ke lebih banyak orang.

Jika 4 cara membedakan berita hoax dan fakta diatas terbukti hoax bisa melaporkan website tersebut ke kominfo yang bisa dilakukan melalui Whatsapp dan email.
Gimana Reaksi Kamu ?

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel